Mutasi SIM ( Surat Ijin Mengemudi )

Mutasi SIM , sebuah pengalaman pribadi 

         
         
          Ternyata bukan cuma STNK atau BPKB yang bisa dimutasi. Ternyata SIM alias Surat Ijin Mengemudi pun bisa dimutasi. Ini saya alami ketika SIM saya masa berlakunya sudah habis bulan maret 2011 ini. Tapi karena SIM terdahulu dari POLRES KEBUMEN padahal saat ini KTP saya sudah pindah ke Sleman DIY akhirnya saya putuskan utnuk membuat SIM Baru. Berikut pengalaman saya dalam mengurus mutasi sim.
         Saya pun meluncur ke POLRES SLEMAN. Pertama yang dilakukan adalah cek kesehatan. Ada dokter khusus acara kayak gini. Tempatnya di depan pintu keluar polres. Seberang jalan. Daftarnya pakai fotocopy SIM lama dan fotocopy KTP. Agak lupa bayarnya antara 20rb atau 25rb kalo gak salah.  Setelah itu menuju Ruang Pendaftaran pembuatan SIM di ujung pojok deket parkiran sepeda motor. Saat masuk ruangan ketemu dulu sama bagian informasi. tanya-tanya karena baru pertama kali ke situ. Nah sama bagian informasi inilah dikasih tahu: lebih disarankan mengajukan pencabutan SIM kebumen terus dimasukan ke Sleman. katanya sih lebih simpel dan gak repot. Sempat berpraduga gak baik jg sih, jangan2 ini ada maunya. Akhirnya saya mengiyakan terus keluar. Tapi tidak langsung pulang. Saya duduk2 dulu sambil cari2 info2. sapa tahu dapat sesuatu. Beneran ada yang nawari bantuan, tapi saya tolak karena saya pengin nyari sim dengan cara yang biasa, yang jelas lebih murah. Sempet nyesel juga gak tanya tarifnya berapa, sekedar buat perbandingan aja. Tanya2 sama pemuda disamping saya cerita ditawari 250rb sebagai upah bantuan. O... Sambil udud2 iseng aja liat2 orang yg lagi tes praktek pembuatan sim. ternyata susah jg. beda dg dikebumen. disini pake acara muter2, ada polisi lalin yang ngatur. disuruh naik motor dg kecepatan cukuptinggi terus ngerem mendadak, terus langsung belok sesuai petunjuk tangan pak polisi. jadi berpikir lagi : wajar=murah=tesnya sulit, apalagi motorku di semarang. pake motor bpk polisi kagok nih. Dibantu-mahal=gak repot. Dipikir2 akhirnya mending nyoba nyabut sim kebumen aja.
             Singkat cerita berangkat deh ke kebumen. ternyata disana ngurusnya gampang. tinggal ke loket bilang mau mutasi sim ke sleman. modal fotokopi sim+ktp. terus nunggu gak nyampe 1 jam dah jadi. dikasi map juga dari polres. GRATIS lagi. wah lumayan. ngirit, modal naik bis cuma 30rb sudah jogja kebumen PP+angkot. 
Hari berikutnya ke polres sleman lagi. tinggal bayar loket BRI ( 75.000) terus masukan ke 2 loket berikutnya, nunggu dipanggil buat foto,foto, nunggu lagi, terus dipanggil ambil sim yang sudah jadi. Saya hitung ternyata gak nyampe 45 menit. wah lumayan nih, cepetplus irit, tapi ya modal waktu. Setelah cerita sama temen2 ternyata juga ada yang pernah nyabut berkas, dan katanya malah bisa diwakilkan nyabutnya ( temen saya subang mutasi ke jogja.).
        Nah bagi siapa pun yang repot bikin SIM baru bisa dicoba deh...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks infonya


Posting Komentar

 
© 2009 - nDobos Bareng Slem | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top