Bobot Nilai UN dalam SNMPTN 2012

Bobot Nilai UN dalam SNMPTN 2012

Pada Seleksi PTN (Perguruan Tinggi Negeri) atau SNMPTN 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan segera memformulasikan besaran bobot nilai ujian nasional (UN) sebagai komponen menentukan dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, dalam waktu dekat, kementerian bersama Badan Standarisasi Nasional Pendidikan dan panitia Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) akan memformulasikan kebijakan mengenai hal itu. Mengingat, kebijakan ini akan diterapkan pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2012 ini.

                Selain memformulasikan besaran bobotnya, kata Nuh, akan dibahas pula, apakah akan ada tes mata pelajaran dalam SNMPTN. Namun, ia menekankan, yang terpenting adalah tidak ada kontradiktif antara UN dengan SNMPTN. "Jangan sampai anak-anak yang diterima SNMPTN itu UN-nya jelek-jelek, dan yang memiliki nilai bagus tidak diterima, itu namanya kontradiktif," kata Nuh kepada Kompas.com, Rabu (4/1/2011), di Gedung Kemdikbud, Jakarta.
Nuh menjamin, pelaksanaan di lapangan akan sesuai harapan. Para siswa yang mengantongi nilai UN baik, menurut Nuh, akan memiliki potensi lebih besar untuk lolos SNMPTN. Akan tetapi, Nuh belum bisa memastikan apakah tingkat kesulitan soal dalam UN nantinya akan dinaikkan atau tidak

"Kami masih membahasnya. Yang penting semua terintegrasi, dan kredibilitas UN harus didorong," ujarnya.
Opini Penulis :

Sebagai pelaku lapangan di dunia pendidikan sejujurnya kurang setuju dengan rencana tersebut, karena sudah diketahui oleh umum bahwa tingkat kebocoran UN masih sangat tinggi. Kalau disurvei pun saya yakin banyak guru-guru yang kurang setuju, apalagi bagi guru yang punya anak SMA, karena kalau berani jujur banyak guru yang tahu keadaan di lapangan. beberapa siswa yang saya tanya juga banyak yang tidak setuju. Mereka takut kalah bersaing dengan orang2 yang tidak jujur, semisal ada anak yang bisa dapat bocoran atau anak2 yang berani nyontek padahal dia tidak berani.

Usul : seandainya Nilai UN sebagai syarat masuk PTN diambah hanya dengan tes TPA kayaknya akan lebih asyik kalau yang jaga tes UN dari TNI. Pasti gak ada yang berani curang tuh. Atau para dosen penjaga SNMPTN beralih menjaga tes UN. tempat tes UN pun kayak tes SNMPTN. Pasti kecurangan atau kebocoran soal bisa dikikis abis tuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - nDobos Bareng Slem | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top