Perlukah Hidup berjauhan dengan Keluarga ?

Perlukah Hidup berjauhan dengan Keluarga ?


      Judul itu bukan hanya curahan hati yg sedang galau, tapi lebih dari sekedar untuk mencari pembenaran. Hari ini dalam perjalan tugas dalam rangka mencari penghidupan untuk keluarga saya bertemu dg seorang bapak dan saling sharing. Dia berasal dari Jogja dan sejak 1992 tinggal di Bekasi. Sekarang bekerja pada sebuah perusahaan di kediri. cas cis cus akhirnya pembicaraan berakhir pada masalah keluarga. Belisu bercerita dulu seorang tentara yg berdinas di sebuah kota di Jatim yg kemudian resign dan menekuni profesinya sekarang.
         Beliau berujar : kalau anak2 jaman dulu begitu menghargai dan bangga kalau orang tuanya bekerja dan berjuang demi bangsa dan negaranya. Sebuah kebanggaan akan sebuah perjuangan. Tapi anak sekarang tidak begitu. Sebabnya ? Waktu masih dinas di Malang, anaknya SD dan kakaknya di SMP saat kenaikan kelas disuruh menulis harapan dan digantung di pohon harapan. Ternyata tanpa bekerjasama atau janjian kedua anaknya menulis hal yg sama. Apa itu ? Ini dia "AKU INGIN BERKUMPUL DG AYAH SAYA". Speechless lah dia. Diam dg hati tersayat2. Itulah kenapa akhirnya beliau resign.

   Ingatanku pun melayang-layang :

Teringat ai punya Suhu
Beliau pernah cerita, beliau pun berjauhan dengan keluarga. Istri dan 2 anaknya di Jogja dia bekerja di Pati, pulang seminggu sekali. Suatu saat baru sehari pergi ke Pati terus pulang lagi. Sampai rumah anaknya yg masih kecil bertanya : " LOH BAPAK NGAPAIN PULANG" . Deg... bukannya seneng ayahnya pulang malah pertanyaannya seperti itu. Sepertimya tidak mengnginkan ayahnya.

Teringat temen kerja saya
Suaminya bekerja di luar kota sejak masih pacaran. Suatu saat dia pulang pulang, waktu itu anaknya masih balita. waktu anaknya terbangun dia ketakutan melihatnya ada laki2 yg tidur di samping ibunya. Dia kemudian mendekap ibunya dan bertanya : " ITU SIAPA BU". Welah dalah...

Teringat Rapat wali Murid di sebuah SD
Rapat tentang studi tour anak-anak sebuah SD di Semarang yg akan tamasya ke taman pintar jogja. Banyak orang tua yg tidak setuju dg alasan jauh, tidak bisa libur kerja dsb. Dengan entengnya guru yg memimpin rapat bilang : " LHA BAPAK IBU SELAMA INI BEKERJA NYARI UANG BUAT SIAPA THO? BUAT MBAHAGIAIN ANAKNYA KAN? LHA INI ANAKNYA PENGIN SENENG2 DAB BELAJAR KOK BAPAK GAK MAU. GIMANA?"

Teringat anakku tersayang
Kalau tak tinggal berjuang demi sesuap nasi dan tentunya buat dia dan ibunya. Kalau aku sampai tidak pulang 2 minggu saja badanya langsung panas. Obatnya hanya satu. Tidur dan menyandarkan kepalanya di da
daku. Kalau sudah hari sabtu dia akan bernyanyi : Ayah, ayah, ayah... Ayah..yah..yahhh..


Jadi :  
SUDAH SESUAIKAH OBSESI DAN PIKIRAN KITA DG HARAPAN BUAH HATI KITA?

Susahnya Perjalanan dari Jogja Ke Semarang

Susahnya Perjalanan dari Jogja Ke Semarang


Mungkin Anda akan bilang gimana susahnya? tinggal naik kendaraan beres. Disinilah letak permasalahannya. Sekedar berbagi pengalaman dengan apa yg pernah saya alami.

1. Naik Bis
    Kendala utama jika naik bis adalah waktu trayek. Kalau naik bis ekonomi paling pagi jam 4. pling sore jam 5an. Kalau siang bersiap2 saja pindah/ganti bis di terminal magelang. karena bis akan ngetem dalam waktu yg tidak bisa diperkirakan. pengalaman saya seringnya minimal 30 menit. Apalagi kalau dari semarang ke jogja, bis terakhir yg sampai ke jogja adalah jam 17.30. jika anda naik bis diatas jam ersebut dari semarang bakalan gak nyampe jogja, karena terakhir berhenti di magelang. Kalauu bis patas paling pagi jam 6, paling sore jam 17.15.
Jadi jika anda pengin perjalanan malam hari carilah travel.

2. Rute jalan
       Jalur jogja semarang terutama Magelang Semarang terutama lagi Secang?magelang Semarang sangat minim dengan jalan Altenatif. Bahkan Secang Ambarawa tidak ada Jalan alternatif karena kanan kiri pegunungan/ hutan.
Contoh pengalaman saya. Waktu kali putih terkena lahir dingin untuk naik bis ke Semarang harus muter lewat Solo bisnya. Malah pernah bis yg saya  tumpangi lewat Purworejo. Wal hasil jogja magelang yg biasanya 1 jam itu malah jadi 3 jam. itu berarti sama saja perjalanan jogja semarang. Selain waktu bertambah lama, sekitar 30%-70% tarif juga naik sekitar 30%.
Masalah berikutnya kalau terjadi tanah longsor atau kecelakaan setelah secang wah repot. Ini pengalaman saya hri ini. Berangkat jam 5 pagi naik travel. Setelah perjalanan sd jambu kabupaten semarang, tepatnya di bawah Kopi Eva, jalannya macet. ternyata ada 2 truk macet dan terguling sedemikian rupa sehingga menutup jalan di sebelum ambarawa. Macet total. Terpaksa kendaraan kembali ke Magelang dan muter lewat Kopeng dan Salatiga. Akhirnya perjalanan yg seharusnya 3 jam menjadi 5 jam lebih. Sehingga gagallah semua acara yg sudah disusun gara2 tk ada jalan alternatif.


Begitulah beberapa kesusahan yg saya alami. Mungkin anda punya pengalaman lain? Silakan berbagi.

Review Asus Eee PC 1215 P

REVIEW ASUS EEE PC 1215 P

Sudah 1 tahun beli Asus Eee PC 1215P namun baru sempet review. Sekedar berbagi pengalaman bagu yang butuh rekomendasi saat mau beli netbook. Netbook dengan prosesor dual core Intel Atom N550 ini pantas dijadikan pertimbangan. Berbeda dengan netbook pada umumnya yang menggunakan layar hingga 10 inci, Asus menawarkan layar yang lebih besar, 12 inci. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pas. Kebetulan saya membeli yang warna silver seperti ini :


Spesifikasi dan Fitur
           
Secara teknis, Eee PC 1215P mempunyai prosesor dan memori yang cukup bertenaga untuk menjalankan berbagai aplikasi multimedia. Alhasil Aplikasi-aplikasi berat pun saya benamkan di netbook saya. Dari Corel draw, Macromedia flash, sweet home 3D, monkeymedia, winamp, audio editor, Proshow produser. Semua berjalan dengan jos.
Sayangnya, dari sisi grafis, produk iNI hanya diperkuat dengan teknologi Intel GMA 3150. Meski cukup untuk melakukan aktivitas seperti streaming video, namun untuk menjalankan aplikasi grafis definisi tinggi yang lebih intens, kinerjanya hanya secukupnya. Kelihatan sekali waktu menggunakan aplikasi coreldraw warna  tidak sesuai aslinya. Contoh merahnya kurang merah. Tapi kalau bukan aplikasi grafis tingkat tinggi ya tetap sesuai dg aslinya.
            Padahal, layar 12 inci dengan aspect ratio 16:9 yang digunakan sudah mendukung resolusi HD (1280x720 piksel) karena resolusi optimal layar berteknologi LED netbook ini adalah WXGA 1366x768 piksel. Berikut ini spesifikasi teknis Asus Eee PC 1215P.

Asus Eee PC 1215P
Display   
12.1" LED Backlight WXGA (1366x768)
CPU & Chipset
Intel Atom Pineview N550 (1,5GHz, 1MB L2)
Memori   
DDRIII SO-DIMM 2GB
Konektivitas   
WLAN 802.11b/g/n @2.4GHz(2), Bluetooth3.0
Penyimpanan   
250GB / 320GB HDD + 500GB Eee Storage
Kamera   
0,3M piksel
Audio    
Hi-Definition Audio CODEC, Stereo Speaker
Input / Output
VGA, 3xUSB 2.0 LAN, Audio, Card Reader
Baterai   
6-cell Li-ion, hingga 8 jam
Dimensi   
96 x 203 x 23 milimeter
Bobot   
1,45Kg (dengan baterai)
Sistem operasi
Windows 7 Home Premium, Windows 7 Home Basic, atau Windows 7 Starter
Garansi   
1 tahun

           Ukuran netbook yang 12 inci juga membuat touchpad menjadi lebih lebar. Saat bekerja, keyboard chiclet yang disediakan terasa cukup nyaman untuk ditekan..
       
           Rata-rata baterai mampu memasok daya hingga 4,5 jam. Jika metode penggunaan komputer Anda tidak intensif, baterai pada netbook ini mampu bertahan lebih dari itu. Setelah 1 tahun memakai netbook ini kinerjanya masih oke-oke aja. Belum pernah eror. Bahkan seringkali dipake semaleman, sampai saya ketiduran dan bangun besok pagi netbook masih hidup. Praktis 1 hari rata-rata pemakaian minimal 12 jam.

Kelebihan
- Prosesor dual core, kinerja lebih baik
- Layar mendukung resolusi HD

Kekurangan
- Kinerja grafis kurang maksimal

Travel Semarang Jogja

Travel Semarang Jogja
          
      Hari sabtu kemarin harus pulang dari semarang ke jogja karena minggu pagi ada acara, padahal kerjaan kelar jam 17.30. Kalau nyari bis patas pasti sudah abis, pakai bis bumel bakalan gak nyampe jogja, karna jam segitu dari semarang bis terakhir berhenti di magelang. Akhirnya pilihan jatuh ke travel agent. Biasanya sih naik joglo semar, tpi pengin yang door to door karena rumah agak di pinggiran kota. Sayang telpon ke beerapa agent tarifnya agak mahal, katanya bisa sampai 90rb. Apalagi cerita temen2 yg pernah make jam nya ngaret. Semarang Jogja kalau pake bis patas 3 jam, kalau pake travel itu bisa sampai 5-6 jam. Akhirnya iseng-iseng manding-bandingin beberapa shuttle bis.

1. IQRO TRAVEL
   
           Pesaing terbaru dari Joglosemar. Kelebihan dari Joglosemar adalah harga yang lebih murah (Joglosemar sekarang Rp. 45.000), kendaraan rata2 baru2, Travello. Jadwalnya 24 jam. Pool di tengah kota ( dekat jembatan layang lempuyangan). lewat dekat bethesda. Sayang sekali sabtu kemarin tiket sudah habis, bahkan untuk minggu pun sudah habis. Laris manis....
           iQro' Management telah membuka jalur travel untuk Semarang Solo, Semarang-Yogya dengan biaya yang hemat serta nyaman untuk kepuasan perjalanan pelanggan.
Semarang - Solo     Rp. 30.000,-
Semarang - Yogya   Rp. 35.000,-
Semarang - Palur ( Karanganyar ) Rp. 35.000,-
Semarang - Magelang Rp. 25.000,-
Magelang - Yogya  Rp. 22.500,-

ADWAL KEBERANGKATAN PREMIUM TRAVEL SEMARANG - SOLO
SMG
01.00
03.00
05.00
07.00
09.00
11.00
13.00
15.00
17.00
19.00
21.00
23.00
SOLO
01.00
03.00
05.00
07.00
09.00
11.00
13.00
15.00
17.00
19.00
21.00
23.00
JADWAL KEBERANGKATAN PREMIUM TRAVEL SEMARANG - YOGYA
SMG
00.00
02.00
04.00
06.00
08.00
10.00
12.00
14.00
16.00
18.00
20.00
22.00
YOGYA
00.00
02.00
04.00
06.00
08.00
10.00
12.00
14.00
16.00
18.00
20.00
22.00

Pemesanan / Reservasi :
Semarang Dr Wahidin Office    : 024-8509270-75
Semarang Tlogosari Office       : 024-6710115
Semarang Setiabudi Office       : 024-7475413-15
Solo Office            : 0271-731283, 731424
Yogya office          : 0274-8508900,553869
Ungaran Office      : 024-6925951,6925955
Magelang Office    : 0293- 362026,366426
Palur Office           : 0271- 822171, 822174
Menerima pengiriman paket & barang

http://www.iqromanagement.com


2. CIPAGANTI

        Kelihatannya juga murah, sayang waktu dihubungi lewat Ym gak ada yang bales. Pool di semarang pun jauh dari tempat kerja. Jadi saya ambilkan dari websitenya aja.

CIPAGANTI SHUTTLE

Cipaganti Shuttle ( Point to Point ) adalah sebuah layanan angkutan penumpang dari Terminal / Pool Cipaganti Kota Asal ke Terminal / Pool Cipaganti Kota Tujuan sesuai trayek / jurusan yang dilayani Cipaganti Shuttle.
Layanan Shuttle memiliki beberapa keuntungan bagi konsumen antara lain Lokasi Cabang/ outlet berada pada lokasi strategi, Cabang/outlet yang memiliki standar kenyamanan, keberangkatan terjadwal dan on time, seat penumpang yang terbatas, driver yang santun dengan melalui seleksi penerimaan yang ketat dan training yang berkelanjutan serta reservasi selama 24 jam dan perlindungan asuransi kepada penumpang. Layanan Shuttle Cipaganti adalah antar-jemput penumpang dari titik (cabang/outlet) ke titik tujuan (pont to point) yang terbesar dikarenakan rute serta jadwal keberangkatan terbanyak.
YOGYAKARTA
Jl. Magelang KM 5.6
Yogyakarta - Jawa Tengah
Tlp. 0274. 919 4777 / 9124 888
SEMARANG
Jl. Sultan Agung 92
Semarang - Jawa Tengah
Tlp. 024. 912 88588 / 912 88599
SOLO
Graha Wisata Niaga
Jl. Slamet Riyadi 275-Sriwedari
Solo - Jawa Tengah
Tlp. 0271. 93000 93 / 924 4000

Jadwal Kereta Api Prameks


Jadwal Kereta Api Prameks



       Jarang naik kereta, tapi ibu sering telpon jadwal prameks hari ini paling pagi jam berapa? maklum ibu takut naik bis semenjak naik bis dan tabrakan. Ibu jadi trauma. Padahal dah puluhan tahun naik bis. Apalagi sekarang2 ini jg sering banget tabrakan bis, jadi ibu lebih memilih kereta api. iseng-iseng aja saya share jadwal KA Prameks.

Jadwal Kereta Api Prameks
Tanggal 15 Februari 2012
             Nama
               Kereta
            Dari         Tujuan      Jam*
      WIB
KA Prameks 218 Yogyakarta Solo 17.30
KA Prameks 220 Kutoarjo Solo
KA Prameks 199 Yogyakarta Kutoarjo 05.35
KA Prameks 208 Yogyakarta Solo 08.25
KA Prameks 204 Kutoarjo Solo 06.39
KA Prameks 212 Yogyakarta Solo 13.30
KA Prameks 216 Kutoarjo Solo 16.10
KA Prameks 206 Yogyakarta Solo 08.00
KA Prameks 201 Solo Kutoarjo 06.34
KA Prameks 203 Solo Yogyakarta 07.34
KA Prameks 205 Solo Yogyakarta 10.14
KA Prameks 207 Solo Yogyakarta 11.04
KA Prameks 209 Solo Yogyakarta 12.34
KA Prameks 211 Solo Kutoarjo 13.34
KA Prameks 213 Solo Kutoarjo 16.14
KA Prameks 215 Solo Yogyakarta 17.14
KA Prameks 217 Solo Yogyakarta 18.45
KA Prameks 219 Solo Yogyakarta 20.39
KA Prameks 202 Yogyakarta Solo 05.15
KA Prameks XIII Solo Yogyakarta 15.45
KA Prameks XIV Yogyakarta Solo 14.30
KA Prameks XV Solo Yogyakarta 17.15
KA Prameks XVI Yogyakarta Solo 16.05
KA Prameks XVII Solo Yogyakarta 18.41
KA Prameks XVIII Yogyakarta Solo 17.30
KA Prameks XIX Solo Yogyakarta 19.45
KA Prameks XX Yogyakarta Solo 18.45


*. Jam keberangkatan/kedatangan di Jogja


Sumber : http://gudeg.net/id/train_search_result.html

Kunjungan Habibie ke Garuda (Menangis gan Baca Ini!)

Kunjungan BJ Habibie ke Kantor Manajemen Garuda Indonesia
Garuda City Complex, Bandara Soekarno-Hatta

12 Januari 2012

Pada usianya 74 tahun, mantan Presiden RI, BJ Habibie secara mendadak mengunjungi fasilitas Garuda Indonesia didampingi oleh putra sulung, Ilham Habibie dan keponakannya(?), Adri Subono, juragan Java Musikindo.

Kunjungan beliau dan rombongan disambut oleh President & CEO, Bapak Emirsyah Satar disertai seluruh Direksi dan para VP serta Area Manager yang sedang berada di Jakarta.

Dalam kunjungan ini, diputar video mengenai Garuda Indonesia Experience dan presentasi perjalanan kinerja Garuda Indonesia sejak tahun 2005 hingga tahun 2015 menuju Quantum Leap.

Sebagai “balasan” pak Habibie memutarkan video tentang penerbangan perdana N250 di landasan bandara Husein Sastranegara, IPTN Bandung tahun 1995 (tujuh belas tahun yang lalu!).

Entah, apa pasalnya dengan memutar video ini?

Video N250 bernama Gatotkaca terlihat roll-out kemudian tinggal landas secara mulus di-

escort oleh satu pesawat latih dan sebuah pesawat N235. Pesawat N250 jenis Turboprop dan teknologi glass cockpit dengan kapasitas 50 penumpang terus mengudara di angkasa Bandung.

Dalam video tsb, tampak para hadirin yang menyaksikan di pelataran parkir, antara lain Presiden RI Bapak Soeharto dan ibu, Wapres RI bapak Soedarmono, para Menteri dan para pejabat teras Indonesia serta para teknisi IPTN. Semua bertepuk tangan dan mengumbar senyum kebanggaan atas keberhasilan kinerja N250. Bapak Presiden kemudian berbincang melalui radio komunikasi dengan pilot N250 yang di udara, terlihat pak Habibie mencoba mendekatkan telinganya di headset yang dipergunakan oleh Presiden Soeharto karena ingin ikut mendengar dengan pilot N250.

N250 sang Gatotkaca kembali pangkalan setelah melakukan pendaratan mulus di landasan..................

Di hadapan kami, BJ Habibie yang berusia 74 tahun menyampaikan cerita yang lebih kurang sbb:

“Dik, anda tahu..............saya ini lulus SMA tahun 1954!” beliau membuka pembicaraan dengan gayanya yang khas penuh semangat dan memanggil semua hadirin dengan kata “Dik” kemudian secara lancar beliau melanjutkan.................“Presiden Soekarno, Bapak Proklamator RI, orator paling unggul, .......itu sebenarnya memiliki visi yang luar biasa cemerlang! Ia adalah Penyambung Lidah Rakyat! Ia tahu persis sebagai Insinyur.........Indonesia dengan geografis ribuan pulau, memerlukan penguasaan Teknologi yang berwawasan nasional yakni Teknologi Maritim dan Teknologi Dirgantara. Kala itu, tak ada ITB dan tak ada UI. Para pelajar SMA unggulan berbondong-bondong disekolahkan oleh Presiden Soekarno ke luar negeri untuk menimba ilmu teknologi Maritim dan teknologi dirgantara. Saya adalah rombongan kedua diantara ratusan pelajar SMA yang secara khusus dikirim ke berbagai negara. Pendidikan kami di luar negeri itu bukan pendidikan kursus kilat tapi sekolah bertahun-tahun sambil bekerja praktek. Sejak awal saya hanya tertarik dengan ‘how to build commercial aircraft’ bagi Indonesia. Jadi sebenarnya Pak Soeharto, Presiden RI kedua hanya melanjutkan saja program itu, beliau juga bukan pencetus ide penerapan ‘teknologi’ berwawasan nasional di Indonesia. Lantas kita bangun perusahaan-perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN.

Sekarang Dik,............anda semua lihat sendiri..............N250 itu bukan pesawat asal-asalan dibikin! Pesawat itu sudah terbang tanpa mengalami ‘Dutch Roll’ (istilah penerbangan untuk pesawat yang ‘oleng’) berlebihan, tenologi pesawat itu sangat canggih dan dipersiapkan untuk 30 tahun kedepan, diperlukan waktu 5 tahun untuk melengkapi desain awal, satu-satunya pesawat turboprop di dunia yang mempergunakan teknologi ‘Fly by Wire’ bahkan sampai hari ini. Rakyat dan negara kita ini membutuhkan itu! Pesawat itu sudah terbang 900 jam (saya lupa persisnya 900 atau 1900 jam) dan selangkah lagi masuk program sertifikasi FAA. IPTN membangun khusus pabrik pesawat N250 di Amerika dan Eropa untuk pasar negara-negara itu.Namun, orang Indonesia selalu saja gemar bersikap sinis dan mengejek diri sendiri ‘apa mungkin orang Indonesia bikin pesawat terbang?’

Tiba-tiba, Presiden memutuskan agar IPTN ditutup dan begitu pula dengan industri strategis lainnya.

Dik tahu................di dunia ini hanya 3 negara yang menutup industri strategisnya, satu Jerman karena trauma dengan Nazi, lalu Cina (?) dan Indonesia.............

Sekarang, semua tenaga ahli teknologi Indonesia terpaksa diusir dari negeri sendiri dan mereka bertebaran di berbagai negara, khususnya pabrik pesawat di Bazil, Canada, Amerika dan Eropa................

Hati siapa yang tidak sakit menyaksikan itu semua.....................?

Saya bilang ke Presiden, kasih saya uang 500 juta Dollar dan N250 akan menjadi pesawat yang terhebat yang mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer dll dan kita tak perlu tergantung dengan negara manapun.

Tapi keputusan telah diambil dan para karyawan IPTN yang berjumlah 16 ribu harus mengais rejeki di negeri orang dan gilanya lagi kita yang beli pesawat negara mereka!”

Pak Habibie menghela nafas.......................

Ini pandangan saya mengenai cerita pak Habibie di atas;

Sekitar tahun 1995, saya ditugaskan oleh Manager Operasi (JKTOF) kala itu, Capt. Susatyawanto untuk masuk sebagai salah satu anggota tim Airline Working Group di IPTN dalam kaitan produksi pesawat jet sekelas B737 yang dikenal sebagai N2130 (kapasitas 130 penumpang). Saya bersyukur, akhirnya ditunjuk sebagai Co-Chairman Preliminary Flight Deck Design N2130 yang langsung bekerja dibawah kepala proyek N2130 adalah Ilham Habibie. Kala itu N250 sedang uji coba terus-menerus oleh penerbang test pilot (almarhum) Erwin. Saya turut mendesain rancang-bangun kokpit N2130 yang serba canggih berdasarkan pengetahuan teknis saat menerbangkan McDonnel Douglas MD11. Kokpit N2130 akan menjadi mirip MD11 dan merupakan kokpit pesawat pertama di dunia yang mempergunakan LCD pada panel instrumen (bukan CRT sebagaimana kita lihat sekarang yang ada di pesawat B737NG). Sebagian besar fungsi tampilan layar di kokpit juga mempergunakan “track ball atau touch pad” sebagaimana kita lihat di laptop. N2130 juga merupakan pesawat jet single aisle dengan head room yang sangat besar yang memungkinkan penumpang memasuki tempat duduk tanpa perlu membungkukkan badan. Selain high speed sub-sonic, N2130 juga sangat efisien bahan bakar karena mempergunakan winglet, jauh sebelum winglet dipergunakan di beberapa pesawat generasi masa kini.

Saya juga pernah menguji coba simulator N250 yang masih prototipe pertama.................

N2130 narrow body jet engine dan N250 twin turboprop, keduanya sangat handal dan canggih kala itu.........bahkan hingga kini.

Lamunan saya ini, berkecamuk di dalam kepala manakala pak Habibie bercerita soal N250, saya memiliki kekecewaan yang yang sama dengan beliau, seandainya N2130 benar-benar lahir.............kita tak perlu susah-susah membeli B737 atau Airbus 320.
Pak Habibie melanjutkan pembicaraannya....................

“Hal yang sama terjadi pada prototipe pesawat jet twin engines narrow body, itu saya tunjuk Ilham sebagai Kepala Proyek N2130. Ia bukan karena anak Habibie, tapi Ilham ini memang sekolah khusus mengenai manufakturing pesawat terbang, kalau saya sebenarnya hanya ahli dalam bidang metalurgi pesawat terbang. Kalau saja N2130 diteruskan, kita semua tak perlu tergantung dari Boeing dan Airbus untuk membangun jembatan udara di Indonesia”.

“Dik, dalam industri apapun kuncinya itu hanya satu QCD,

? Q itu Quality, Dik, anda harus buat segala sesuatunya berkualitas tinggi dan konsisten? C itu Cost, Dik, tekan harga serendah mungkin agar mampu bersaing dengan produsen sejenis? D itu Delivery, biasakan semua produksi dan outcome berkualitas tinggi dengan biaya paling efisien dan disampaikan tepat waktu!Itu saja!”

Pak Habibie melanjutkan penjelasan tentang QCD sbb:

“Kalau saya upamakan, Q itu nilainya 1, C nilainya juga 1 lantas D nilainya 1 pula, jika dijumlah maka menjadi 3. Tapi cara kerja QCD tidak begitu Dik.............organisasi itu bekerja saling sinergi sehingga yang namanya QCD itu bisa menjadi 300 atau 3000 atau bahkan 30.000 sangat tergantung bagaimana anda semua mengerjakannya, bekerjanya harus pakai hati Dik..................”

Tiba-tiba, pak Habibie seperti merenung sejenak mengingat-ingat sesuatu ...........................

“Dik, ..........saya ini memulai segala sesuatunya dari bawah, sampai saya ditunjuk menjadi Wakil Dirut perusahaan terkemuka di Jerman dan akhirnya menjadi Presiden RI, itu semua bukan kejadian tiba-tiba. Selama 48 tahun saya tidak pernah dipisahkan dengan Ainun, ...........ibu Ainun istri saya. Ia ikuti kemana saja saya pergi dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. Dik, kalian barangkali sudah biasa hidup terpisah dengan istri, you pergi dinas dan istri di rumah, tapi tidak dengan saya. Gini ya............saya mau kasih informasi........... Saya ini baru tahu bahwa ibu Ainun mengidap kanker hanya 3 hari sebelumnya, tak pernah ada tanda-tanda dan tak pernah ada keluhan keluar dari ibu........................”

Pak Habibie menghela nafas panjang dan tampak sekali ia sangat emosional serta mengalami luka hati yang mendalam.............................seisi ruangan hening dan turut serta larut dalam emosi kepedihan pak Habibie, apalagi aku tanpa terasa air mata mulai menggenang.

Dengan suara bergetar dan setengah terisak pak Habibie melanjutkan........................

“Dik, kalian tau.................2 minggu setelah ditinggalkan ibu............suatu hari, saya pakai piyama tanpa alas kaki dan berjalan mondar-mandir di ruang keluarga sendirian sambil memanggil-manggil nama ibu......... Ainun......... Ainun ................. Ainun ..............saya mencari ibu di semua sudut rumah.

Para dokter yang melihat perkembangan saya sepeninggal ibu berpendapat ‘Habibie bisa mati dalam waktu 3 bulan jika terus begini..............’ mereka bilang ‘Kita (para dokter) harus tolong Habibie’.

Para Dokter dari Jerman dan Indonesia berkumpul lalu saya diberinya 3 pilihan;

1. Pertama, saya harus dirawat, diberi obat khusus sampai saya dapat mandiri meneruskan hidup. Artinya saya ini gila dan harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa!2. Opsi kedua, para dokter akan mengunjungi saya di rumah, saya harus berkonsultasi terus-menerus dengan mereka dan saya harus mengkonsumsi obat khusus. Sama saja, artinya saya sudah gila dan harus diawasi terus...............3. Opsi ketiga, saya disuruh mereka untuk menuliskan apa saja mengenai Ainun, anggaplah saya bercerita dengan Ainun seolah ibu masih hidup.

Saya pilih opsi yang ketiga............................”

Tiba-tiba, pak Habibie seperti teringat sesuatu (kita yang biasa mendengarkan beliau juga pasti maklum bahwa gaya bicara pak Habibie seperti meloncat kesana-kemari dan kadang terputus karena proses berpikir beliau sepertinya lebih cepat dibandingkan kecepatan berbicara dalam menyampaikan sesuatu) ...................... ia melanjutkan pembicaraannya;

“Dik, hari ini persis 600 hari saya ditinggal Ainun..............dan hari ini persis 597 hari Garuda Indonesia menjemput dan memulangkan ibu Ainun dari Jerman ke tanah air Indonesia.............

Saya tidak mau menyampaikan ucapan terima kasih melalui surat............. saya menunggu hari baik, berminggu-minggu dan berbulan-bulan untuk mencari momen yang tepat guna menyampaikan isi hati saya. Hari ini didampingi anak saya Ilham dan keponakan saya, Adri maka saya, Habibie atas nama seluruh keluarga besar Habibie mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kalian, Garuda Indonesia telah mengirimkan sebuah Boeing B747-400 untuk menjemput kami di Jerman dan memulangkan ibu Ainun ke tanah air bahkan memakamkannya di Taman Makam Pahlawan. Sungguh suatu kehormatan besar bagi kami sekeluarga. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan Garuda Indonesia”

Seluruh hadirin terhenyak dan saya tak kuasa lagi membendung air mata..............................

Setelah jeda beberapa waktu, pak Habibie melanjutkan pembicaraannya;

“Dik, sebegitu banyak ungkapan isi hati kepada Ainun, lalu beberapa kerabat menyarankan agar semua tulisan saya dibukukan saja, dan saya menyetujui.....................

Buku itu sebenarnya bercerita tentang jalinan kasih antara dua anak manusia. Tak ada unsur kesukuan, agama, atau ras tertentu. Isi buku ini sangat universal, dengan muatan budaya nasional Indonesia. Sekarang buku ini atas permintaan banyak orang telah diterjemahkan ke beberapa bahasa, antara lain Inggris, Arab, Jepang..... (saya lupa persisnya, namun pak Habibie menyebut 4 atau 5 bahasa asing).Sayangnya buku ini hanya dijual di satu toko buku (pak Habibie menyebut nama satu toko buku besar), sudah dicetak 75.000 eksemplar dan langsung habis. Banyak orang yang ingin membaca buku ini tapi tak tahu dimana belinya. Beberapa orang di daerah di luar kota besar di Indonesia juga mengeluhkan dimana bisa beli buku ini di kota mereka.

Dik, asal you tahu............semua uang hasil penjualan buku ini tak satu rupiahpun untuk memperkaya Habibie atau keluarga Habibie. Semua uang hasil penjualan buku ini dimasukkan ke rekening Yayasan yang dibentuk oleh saya dan ibu Ainun untuk menyantuni orang cacat, salah satunya adalah para penyandang tuna netra. Kasihan mereka ini sesungguhnya bisa bekerja dengan nyaman jika bisa melihat.

Saya berikan diskon 30% bagi pembeli buku yang jumlah besar bahkan saya tambahkan lagi diskon 10% bagi mereka karena saya tahu, mereka membeli banyak buku pasti untuk dijual kembali ke yang lain.

Sekali lagi, buku ini kisah kasih universal anak manusia dari sejak tidak punya apa-apa sampai menjadi Presiden Republik Indonesia dan Ibu Negara. Isinya sangat inspiratif...................”

(pada kesempatan ini pak Habibie meminta sesuatu dari Garuda Indonesia namun tidak saya tuliskan di sini mengingat hal ini masalah kedinasan).

Saya menuliskan kembali pertemuan pak BJ Habibie dengan jajaran Garuda Indonesia karena banyak kisah inspiratif dari obrolan tersebut yang barangkali berguna bagi siapapun yang tidak sempat menghadiri pertemuan tsb. Sekaligus mohon maaf jika ada kekurangan penulisan disana-sini karena tulisan ini disusun berdasarkan ingatan tanpa catatan maupun rekaman apapun.

Jakarta, 12 Januari 2012

Salam,

Capt. Novianto Herupratomo


Sumber : kaskus.us

Kisi-Kisi ( SKL ) UJIAN NASIONAL 2012 MATEMATIKA

Kisi-Kisi ( SKL ) UJIAN NASIONAL 2012 MATEMATIKA

Ujian Naional tinggal menunggu hari. Tanggal 16 April untuk SMA/SMK dan 23 April untuk SMP. Banyak yang mulai khawatir. Takut dengan soal-soal yang akan keluar. Sebenarnya hal tersebut seharusnya tidak ada karena BNSP sudah mengeluarkan SKL sekaligus sebagai kisi-kisi bahkan bisa dibilang prediksi soal yang akan keluar. Karena dari SKL tersebut jelas kelihatan apa yang bakal keluar besok.
Berikut ini Adalah jadwalUN dan SKL matematika SMA Ujian Nasional 2012

No.Jenjang PendidikanUjian UtamaUjian SusulanPenentuan Kelulusan
1SMA/MA dan SMK16 – 19 April 201223 – 26 April 201224 Mei 2012
2SMP/MTs dan SMPLB23 – 26 April 201230 April – 4 Mei 201202 Juni 2012
3SD/MI dan SDLB07 – 09 Mei 201214 – 16 Mei 2912Kewenangan Provinsi

 Untuk menjabarkan SKL ke bentuk soal-soal bisa dengan belajar soal-soal UN tahun 2007-2011. Hanya terdapat sedikit perbedaan untuk bab-bab tertentu. (misal logika dan pertidaksamaan). kebanyakan sama.

SKL lebih lengkap silahkan download disini : SKL UN 2012

Review HP Cross P2

Review HP CROSS P2


       Sekitar 2 bula yang lalu saya membeli HP Cross compo P2 sebagai pengganti SE K750i yg sudah uzur. Pertimbangan membeli tipe ini adalah HP buat sms dan telpon serta ndengerin musik. Kalau bisa murah dan bagus. Akhirnya pilihan jatuh pada Cross P2. Maksud hati pengin beli Cross CG900T tapi kata penjual di konter P2 adalah penerus dari CG900t dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yg ada. Stelah dipakai inilah pendapat saya :
       
Tampilan Keren. terkesan mewah karena ada list stainless atau apalah disekitar pinggiran2. Ada tombol GSM1 dan GSM2 untuk nelpon. Ada tombol shortcut musik dan TV sehingga mempercepat akses ke fitur tsb. dengan harga yang sama dg CG900T (berkisar 300an rb) kita sudah mendapatkan HP bisa TV, Musik Player dan hp candybar sekaligus layar touchscreen. Speaker mantap, ada 2 buah speaker crystal 3D. Bentuknya sama dengan speaker stereo biasa yg diperkecil. Suaranya jernih. Baterei sangat awet. Buat ngidupin musik semaleman paling cm abis 1 bar baterei.
         Kelemahan : tidak ada java jadi agak repot kalo mau internetan karena gak bisa pake opera mini.cuma pakai browser bawaan. Kamera masih VGA. Kabel carger kurang panjang dan playlist di audio player cuma 1. Jadi sangat disayangkan HP dg genre musick tapi playlist cm 1.
Tapi dengan harga segitu HP ini sangat lebih dari layak untuk dimiliki. Segitu dulu. semoga bermanfaat.
 
© 2009 - nDobos Bareng Slem | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top