Tips Membeli Mesin Cuci

Tips Membeli Mesin Cuci

Bagi Anda yang akan membeli mesin cuci untuk pertama kalinya dan tentu anda akan bingung  dengan banyaknya pilihan merk dan model yang ada di pasaran. Tidak ada salahnya anda baca tulisan berikut ini tentang apa sajakah yang harus anda pertimbangkan saat akan membeli mesin cuci. Beberapa saat yang lalu saya hunting mesin cuci walaupun akhirnya pertimbangan2 itu tidak semuanya dipakai tapi paling tidak kita sudah punya gambaran awal dan patokan yang cukup jelas saat akan pergi ke medan laga.. loh kok? maksudnya ke toko  elektronik.
            Biasanya kebingungan muncul saat harus memilih jenis mesin cuci dan merk apa yang akan dibeli. Di pasaran terdapat tiga jenis mesin cuci yaitu : twin tube (2 tabung), top loading (satu tabung bukaan atas) dan front loading (satu tabung bukaan depan).Lihat juga Mesin Cuci 2 Tabung VS 1 Tabung.
Hal-hal berikut ini yang bisa jadi pertimbangan dan bahan pemikiran saat akan memutuskan untuk membeli mesin cuci :

1.      Budget  yang  tersedia
Uang, inilah penentu utama dalam kita membeli barang. Untuk mesin cuci paling murah saat ini adalah mesin cuci 2 tabung berkisar  600 ribuan sd 2,8 juta (bergantung merk,kapasitas dan feature). Mesin cuci top loading berkisar 1,3 juta-3  juta. Dan front loadingTingkat berikutnya top loading 2,7 juta sd belasan juta rupiah.

2.      Daya listrik di rumah
Untuk rumah standar yang daya listriknya sampai 900watt,rasanya pilihan yang tepat adalah twin tube, karena rata2 jenis ini butuh daya antara 200 - 600watt (bergantung merk dan kapasitas). walaupun top loading pun masih sanggup. Untuk daya terpasang sampai 2200watt,tipe single tub sudah bisa dipilih. Semuanya dengan catatan masih ada peralatan elektronik lain di rumah.

3.      Saluran air yang tersedia
Mesin cuci twin tube bisa dg saluran air apapun, bahkan kalau terpaksa pun bisa diisi pakai ember. Untuk cuci top loading harus pakai saluran yang terus mengalir (PAM atau pakai tampungan), bahkan beberapa ada yang harus ddg tekanan tertentu.

4.      Siapa yang akan mencuci
Seandainya anda yang akan mencuci sendiri dan tidak pengin ribet maka top loading atau front loading sangat disarankan. Karena semuanya bisa datur secara otomatis. Tapi kalau pembantu atau anggota keluarga yang lain juga pakai kayaknya mending twin tube karena pengoperasiannya simple. 

5.      Kebutuhan mencuci
Jika anggota keluarga anda banyak apalagi frekuensi mencuci anda jarang maka cucian anda akan menumpuk banyak, maka mesin cuci dg kapasitas lebih besar. Biasanya mesin cuci berkapasitas antara 6 kg – 12 kg.

6.      Merk dan After sales
Garansi dan service center juga patut dipertimbangkan. Ada beberapa merk yang berani beri garansi motor sd 5 tahun. Merk2 ternama pun cukup bisa menjadi patokan kehandalan mesin.

       Nah itulah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan. Jika perlu buatlah daftar perbandingan ( compare) antar merk mesin cuci tersebut sebelum anda berangkat ke toko elektronik. Tentunya juga perbandingkan harga dengan melihat2 di toko online terlebih dahulu. Tidak ada salahnya juga membandingkan dengan toko2 di daerah anda. Pengalaman saya harga di toko di daerah dg pusat kota bisa terpaut sd  400rb. Lumayan kan. Semoga bermanfaat.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 - nDobos Bareng Slem | Free Blogger Template designed by Choen

Home | Top